Pages

About

8 Sep 2012

Menjadikan Muslim yang Menampilkan Etika Orang Beriman

Muamalah kita dengan orang lain di dunia maya,sama halnya dengan di dunia nyata;kita biasa mendengar berbagai persoalan,tema dan informasi yang berupa fitnah,adu domba,atau sesuatu yang hanya berita bohong.Jika di dalam biasa kita sering mendengar kata - kata kasar,di dunia maya kita juga sering membaca komentar - komentar yang menggunakan kata - kata kasar dan tak beretika.

Maka dalam hal ini,hadist Rasulullah saw berikut senantiasa harus selalu kita ingat," Siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat,hendaklah ia berkata baik atau diam. Siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat,hendaklah ia menghormati tetangganya, dan siapa yang beriman kepada Allah dan akhirat,hendaklah ia memuliakan tamunya." (HR.Bukhari) Sebab hadist ini secara umum menyangkut segala sisi pergaulan kita dengan sesama, dimanapun kita berada dan apapun sarannya.

Berdasar kepada pesan Rasulullah;yang menyebutkan pada ciri - ciri orang - orang beriman,maka jika kita sedang tidak memiliki sesuatu yang baik untuk ditulis dan dibagi kepada kawan - kawan kita disana,lebih baik kita diam.Tidak memuat atau menuliskan sesuatu yang tidak pantas dan sia - sia.

Kita pun hendaknya menghormati dan memuliakan orang yang berkunjung dan menyapa,serta menghargai penghuni dunia maya yang lain,karena meskipun kita tidak tau mereka ada dimana dan sedang apa,saat mereka berkunjung,mereka adalah tamu,saat mereka diam mereka adalah tetangga.Sebab,sesungguhnya kita sedang berada di perkampungan maya yang mengglobal.Pada pengunjung blog dan situs kita adalah tamu yang harus dihormati.Dan para pemiliknya atau laman yang lain adalah tetangga.

Meski wujud kita hanya didunia maya,hanya diwakili oleh selembar foto,atau nama yang kadang tidak sebenarnya,tetapi tetap harus menjaga etika dan tanggung jawab seperti yang diajarkan islam,seperti juga interaksi kita yang lain didunia nyata,dalam bicara dengan orang lain,menerima tamu dan bertetangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg My Space Favorites More